METRO  

Kusnendar Pejuang Kemanusiaan Dalam Donor Darah Hingga Mendapat Penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial

280 Views

Jakarta, Updatetodaynews.com -Kusnendar yang merupakan anggota MIO DKI Jakarta pejuang kemanusiaan yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 164 kali dan menerima piagam penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial di Istana Bogor oleh Presiden RI.

Sosok Kusnendar mungkin banyak orang belum mengenalnya Ia merupakan pejuang kemanusiaan yang mengabdi dengan mendonorkan darahnya untuk membantu sesama hingga dirinya mendapat piagam penghargaan Satya Lencana kebaktian sosial pada tanggal 17 Desember 2017 dari Presiden RI di istana bogor atas dedikasinya yang telah donor darah sebanyak 164 kali dengan rincian 88x wholeblood dan selebihnya donor apheresis 76x hingga 20Juni 202.

banner

Kusnendar menceritakan bahwa dirinya mengalami terpapar covid-19 dengan awal mula pada tanggal 20-25 Juni 2021 dirinya merasakan panas dingin menggigil selama 6 hari berturut turut diawali panas dingin menggigil, ditambah kerongkongan berasa di-tusuk tusuk disertai keluhan pusing pada kepala.” padahal obat paracetamol dan vitamin cdr dikonsumsi rutin barulah dihari ke10 saya coba konsul ke dokter sekalian cek swab pcr dan pada tgl. 29 Juni 2021 dan di tgl. 02 Juli 2021 hasil swab pcr dinyatakan positip covid, saat itu kondisi badan suhunya sudah membaik namun masih ada keluhan terkadang batuk gatal tanpa sebab, intinya dokter kasih obat batuk dan antibiotik untuk 5 hari dan dan melakukan isoman selama 2 minggu,Lalu pada Tgl. 13.Juli 2021 saya kembali kontrol dan dinyatakan sehat sambil di kasih keterangan sehat namun masih diminta isoman”.Tutur Kusnendar.

Pada hari dan tanggal yang sama seusai dinyatakan sembuh Lanjut Kusnendar, Saya akan mendonorkan darah kembali dengan langsung koordinasi dengan PMI DKI dan daftar by phone untuk menjadi calon relawan plasma konvalesen dengan melampirkan hasil pcr positip dan keterangan sehat dilampirkan bukti bukti file donor darah terakhir hingga tanggal. 06.06.2021.”itu adalah tanggal total donor saya yang ke164 kali dengan perincian 88 kalu wholeblood dan selebihnya donor apheresis 76 kali Endingnya tanggal 05.Agustus 2021 donor sukarela plasma konvalesen dengan diawali puasa 3 jam dan mengisi data serta test secrening”Paparnya

Kusnendar mengatakan,Pada saat menunggu disadap dan menunggu hasil laboratorium darah sekitar sejam, lama penyadapan 480ml sekitar 50 menit, Selesai disadap, PMI memberikan info untuk jadwal donor berikut adalah ditentukan tanggal 20.agustus 2021 tepatnya 3 hari setelah DIRGAHAYU RI 76.

Ia mengulas kembali ,Kami di Bekasi se rumah berjumlah 4 orang 2 orang sehat sehat aja sedang 2 orang juga pernah terpapar covid. Dilingkungan satu RT ada 6 orang yang terpapar namun, Sekarang ini sudah sehat semuanya. Saya mencoba tetap percaya diri dan menyampaikan kepada tetangga satu RT agar bagi yang pernah terpapar covid tidak usah minder, “Saya menyampaikan ajakan untuk menjadi relawan plasma konvalesen”. Ajaknya

Hari ini bertepatan dengan HUT RI Ke76 Seperti donor sebelumnya, Maka pola makan sebelum donor selama 3x24jam benar benar harus membatasi makanan yang berminyak, bersantan dan juga kacang kacanagan dengan tujuan agar hasil penyadapan bersih tanpa LIVEMIK, Pun pada 20 agustus 2021 wajib puasa 3 jam sebelum eksekusi penyadapan,

Mohon do’a nya agar kesehatan tetap terjaga, “Semoga perjuangan kemanusiaan berikutnya bisa kmbali saya wujudkan didalam mengisi kemerdekaan tanpa harus teriak teriak dijalanan”Tutup Kusnendar.

 

(Wawan/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *